Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Gowes di Kota Bekasi, Wisata Alam Curug Parigi Bantar Gebang

Halo sobat semua, kembali lagi pada kesempatan kali ini Mas Rudi ingin berbagi sedikit pengalaman seputar salah satu tempat wisata alam di Kota Bekasi, yakni Curug Parigi yang berada di Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang. Curug Parigi semakin populer sejak banyak netizen yang menguanggah foto maupun video mereka ketika berada di tempat tersebut.

Curug Parigi

Meski air terjunnya tidak begitu tinggi namun Curug Parigi relatif sangat instagramable, sehingga tidak mengherankan apabila banyak orang yang tertarik untuk berkujung ke tempat tersebut termasuk bagi para goweser atau pesepeda. Curug Parigi memang kian tersohor dan ramai pengunjung terutama pada hari Sabtu dan Minggu.

Admin sendiri telah beberapa kali berkesempatan Gowes Bareng ke Curug Parigi bersama tim gowes MGT 007 yang berasal dari Mustikajaya, Kota Bekasi. Jarak ke Curug Parigi yang realtif tidak jauh dari Mustikajaya, juga rute yang dilalui relatif bersahabat untuk semua goweser, dan tentu saja pemandangan yang cukup indah merupakan beberapa alasan yang membuat kami tidak bosan-bosannya gowes ke Curug Parigi.

Rute Gowes Curug Parigi Bantar Gebang, Bekasi

Untuk menuju ke Curug Parigi, pada intinya kita harus melalui jalan raya Narogong terlebih dahulu menuju ke jalan Pangakalan V persis pada persimpangan menuju ke TPST Bantargebang. Jika kita datang dari arah pasar Bantargebang menuju Cileungsi, maka begitu sampai di persimpangan Jl. Pangkalan V langsung bersiap belok ke kanan, dan sebaliknya jika kita datang dari arah Cileungsi maka ketika sampai di persimpangan Jl. Pangkalan V bisa langsung belok ke kiri.


Dari Jl. Pangkalan V tersebut kurang lebih masih sekitar 1,5 - 2km lagi jarak yang harus kita tempuh untuk sampai ke Curug Parigi. Dan disini, merupakan salah satu keseruan yang bisa kita dapatkan ketika Gowes ke Curug Parigi, karena kita akan dimanjakan dengan jalan menurun yang cukup panjang sehingga bisa sejenak berhenti mengayuh dan jika mau kita juga bisa sedikit bermanuver seperti misal lepas kedua tangan.

Selain itu kita juga akan melewati sebuah jalan yang cukup berliku dan terpagar panel di sisi kanan dan kiri yang membuat kita seolah sedang berada dalam sebuah labirin. Tetap waspada dan jangan terlena karena ini merupakan jalur dua arah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah melewati jalur yang biasa kami sebuat dengan "labirin" tersebut, maka kitapun akan sampai di pintu masuk Curug parigi.

Tidak ada tiket masuk ke Curug Parigi, namun disini kita akan dikenakan biaya parkir atau retribusi sebesar Rp2.000,- untuk 1 sepeda, dan Rp5.000 untuk 1 sepeda motor. Dari pintu masuk tersebut, kita masih harus berjalan lagi kurang lebih sejauh 300-500 meter untuk sampai di pinggir sungai Curug Parigi.

Kondisi Air Sungai Curug Parigi

Admin cukup beruntung karena berkesempatan menyaksikan Curug Parigi dalam beberapa kondisi. Yang pertama adalah ketika air sungai cukup banyak namun kita masih bisa turun ke dasar sungai untuk melihat atau berfoto-foto dekat dengan air terjun. Hal ini biasanya terjadi ketika di hulu malamnya turun hujan namun mungkin tidak begitu deras dan lama. Kurang lebih seperti pada video di bawah ini penampakannya.
Kedua, admin juga berkesempatan menyaksikan Curug Parigi dalam kondisi air sedang surut atau tidak banyak. Dalam kondisi seperti ini, kita bisa turun ke dasar sungai dan jika mau kita juga bisa lebih mendekat lagi ke Curug Parigi berfoto diatas bebatuan besar. Namun tentu saja kita tetap harus waspada dan berhati-hati untuk melakukan hal tersebut. Anda bisa lihat langsung kondisi tersebut kurang lebih seperti pada video berikut ini.
Ketiga, admin pernah juga menyaksikan langsung Curug Parigi ketika kondisi air sedang banyak-banyaknya, bahkan warna air sampai terlihat cokelat. Jika dalam kondisi seperti ini, kita tidak bisa turun hingga ke dasar sungai dan mendekat dengan air terjun seperti pada 2 kondisi yang telah diuraikan diatas. Kalaupun bisa, rasanya ini bukan pilihan yang baik, apalagi untuk orang yang tidak benar-benar paham dengan situasi dan kondisi di Curug Parigi tersebut.

Berikut dapat Anda tonton langsung penampakan Curug Parigi ketika air sedang banyak-banyaknya atau luber.

Warung & Spot Foto di Curug Parigi

Untuk anda yang suka mengabadikan momen melalui jepretan kamera, tidak hanya berfoto di dekat air terjun saja yang bisa Anda lakukan, namun tersedia juga beberapa spot foto dengan latar belakang sungai Cileungsi yang sengaja dibuat atau disediakan oleh pengelola. Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp2.000 saja untuk mengambil gambar di spot-spot yang telah disediakan tersebut.

Curug Parigi Bantargebang

Perut terasa lapar atau mungkin ingin menikmati secangkir kopi atau teh hangat? Tidak perlu khawatir karena disana juga banyak warung yang menjajakan berbagai makanan dan minuman. Ketan,  gorengan, mie ayam, mie instan, es teh manis hingga kelapa muda bisa dengan mudah didapatkan dan kita bisa menikmatinya sambil beristirahat di tempat yang telah disediakan.

Harga makanan dan minuman di sana juga relatif tidak mahal. Jadi, Curug Parigi memang cocok menjadi salah satu destinasi bagi Anda yang mencari tempat wisata Alam di Kota Bekasi yang murah meriah. Dan tak ketinggalan tentunya, Curug Parigi merupakan salah satu tempat gowes di Bekasi yang harus Anda kunjungi jika belum pernah kesana.


Mungkin itu saja untuk saat ini yang dapat Admin bagikan seputar Curug Parigi. Admin usahakan untuk segera memperbarui atau menambahkan apabila ada informasi menarik atau penting lainnya seputar Curug Parigi. Jika Anda memiliki informasi tambahan lainnya seputar Curug Parigi, Anda juga bisa berbagi dengan kami dan pembaca lainnya melalui kolom komentar.

Post a Comment for "Tempat Gowes di Kota Bekasi, Wisata Alam Curug Parigi Bantar Gebang"

Berlangganan via Email