Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Tempat Gowes Sepeda di Bekasi, Bogor dan Sekitarnya

Bersepeda atau yang akrab dengan sebutan Gowes menjadi salah satu kegiatan olahraga yang sangat digemari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Masing-masing orang tentu memiliki tujuan atau motivasi tersendiri dalam bersepeda, mulai dari yang mungkin sekedar ikut-ikutan karena sedang musim orang gowes, ada juga yang ingin gowes untuk sekedar mengisi waktu luang sambil selfie-selfie, ada yang tujuan gowesnya untuk kumpul dengan teman-teman komunitasnya, ada yang bersepeda dengan tujuan murni untuk olahraga, dan lain-lain.

Apapun motivasinya tentu semua sah-sah saja, karena memang dengan bersepeda kita bisa mendapatkan kesehatan maupun hiburan. Dan dari begitu banyaknya alasan atau motivasi orang bersepeda tersebut, maka tempat gowes atau jalur gowes yang dituju juga tentu akan bermacam-macam. Ada yang suka gowes blusukan melewati jalur-jalur sawah dan perkebunan, ada juga yang memilih tujuan ke tempat-tempat kuliner, dan lain sebagainya.

Tempat Gowes di Bekasi & Bogor
Rekomendasi Tempat Gowes Sepeda di Bekasi & Bogor

Nah, berikut admin mencoba berbagi informasi mengenai beberapa tempat gowes di Bekasi, Bogor dan sekitarnya yang pernah Mas Rudi coba dan kunjungi bersama komunitas goweser MGT 007.

Tempat Gowes di Bekasi & Bogor

  • Danau Situ Cibeureum Grand Wisata

  • Yang pertama ada Situ Cibeureum yang berlokasi persis di samping kawasan perumahan elit Grand Wisata. Merupakan tempat yang terkenal sebagai salah satu "surga" bagi para pesepeda dari Kota & Kabupaten Bekasi dan sekitarnya. Sabtu dan Minggu merupakan hari yang biasanya akan dapat kita temui ratusan bahkan ribuan goweser tumpah ruah di sini, baik yang gowes mandiri maupun yang gobar bersama komunitasnya.
    Selain beristirahat di sepanjang tepi danau sambil menikmati aneka macam makanan dan minuman yang tersedia di warung-warung, untuk yang suka gowes blusukan ada juga single trek di sekitaran danau Cibeureum. Nah, selengkapnya mengenai danau Cibeureum Grand Wisata bisa dibaca pada artikel Single Trek Situ Cibeurem dan Danau Toba Mini di Bekasi. Berikut juga kami lampirkan video dokumentasi pada saat goweser MGT 007 blusukan di single trek Situ Cibeureum Grand Wisata
  • Sodong, Klapanunggal - Bogor

  • Pemandian Sodong menjadi salah satu tempat gowes terjauh yang pernah ditempuh oleh beberapa anggota goweser MGT 007 dengan full gowes. Lokasinya masuk dalam wilayah kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor. Lokasinya cukup jauh dari basecamp goweser MGT 007 di Mustikajaya, kurang lebih sejauh 32 KM. Sodong menjadi salah satu tempat yang populer juga dikalangan goweser Bekasi dan sekitarnya. Seolah belum lengkap statusnya sebagai seorang goweser apabila belum sampai ke lokasi ini.

    Goweser MGT 007 sudah pernah melakukan gobar ke Sodong yakni pada tanggal 9 Januari 2021 yang juga merupakan kali pertama kami sampai di tempat tersebut. Salah satu daya tarik dan sering jadi bahan perbincangan adalah sebelum sampai di lokasi pemandian Sodong, kita akan disuguhi dengan tanjakan yang cukup panjang dan cukup curam di tanjakan terakhir. Bahkan jika diteruskan, setelah pemandian Sodong masih ada lagi tanjakan-tanjakan lainnya yang siap menguras tenaga. Berikut dapat Anda simak salah satu video dokumentasi pada saat kami melakukan gowes bareng ke Sodong.
  • Trek JJ Jalur Jatiasih

  • Trek JJ atau Jalur Jatiasih merupakan salah satu trek sepeda blusukan yang sangat populer tidak hanya di kalangan goweser Bekasi dan Bogor saja namun ada juga yang dari Jakarta dan sekitarnya. Tidak hanya menawarkan sensasi serunya gowes blusukan melewati area perkebunan, salah satu spot yang sangat favorit dari Jalur Jatiasih ini adalah area "Grand Canyon" nya. Terdapat cukup banyak drop dan beberapa turunan yang cukup ekstrim di area ini.

    Bagi para goweser pecinta tantangan tentu area Grand Canyon Jalur Jatiasih tak boleh dilewatkan begitu saja. Namun begitu tentu saja jangan lupa untuk melakukan persiapan sebaik mungkin baik pada sepeda maupun orangnya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat di trek ini sangat rawan dengan kecelakaan. Salah satu contoh yang sering terjadi adalah gagal landing ketika mencoba drop, seperti yang pernah juga dialami oleh salah satu rekan kami seperti yang bisa dilihat dalam video berikut.
  • Summarecon Bekasi

  • Selanjutnya ada Summarecon Bekasi yang juga merupakan salah satu tempat tujuan gowes yang populer di Kota Bekasi. Bagi yang suka gowes di jalur aspal dan datar, maka Summarecon Bekasi bisa menjadi salah satu tempat yang dipilih. Summarecon Bekasi termasuk salah satu tempat tujuan gowes yang cocok bagi para pengguna sepeda lipat dan road bike mengingat rute menuju ke sana merupakan jalur aspal.

    Jembatan Summarecon menjadi salah satu spot yang cukup menantang dengan tanjakannya yang meski tidak terlalu curam namun cukup panjang. Spot iconic lainnya adalah bundaran Summarecon Bekasi yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya para goweser dari berbagai wilayah, serta ada juga yang menjadikan tempat tersebut sebagai titik kumpul komunitasnya. Selengkapnya mengenai Summarecon Bekasi bisa dibaca pada tulisan lainnya dan bisa juga Anda lihat sekilas melalui video berikut.
  • Jalur Pipa Gas (JPG) Bekasi

  • Trek gowes selanjutnya sangat cocok untuk para goweser pengguna sepeda gunung atau MTB yang suka gowes blusukan menyusuri jalur setapak dengan beberapa rintangan serta pemandangan yang cukup indah dan menyenangkan. Jalur Pipa Gas (JPG) Bekasi bisa menjadi salah satu referensi trek gowes blusukan di Bekasi, dimana kita bisa memulai blusukan dari daerah Cijengkol tepatnya di sebrang perumahan Mustika Media Residence (MMR) Setu dan mengkahiri perjalanan di pangkalan 12 Jl. Raya Narogong, tepat didepan gerbang Kota Wisata Cibubur.

    Rasakan sensasi blusukan dengan jarak kurang lebih 10KM melewati beberapa area perkebunan dan persawahan serta perkampungan. Biar mendapat gambaran, Anda bisa simak video berikut ini yang merupakan dokumentasi goweser MGT 007 pada saat menyusuri trek Jalur Pipa Gas Bekasi pada tanggal 27 Desember 2020.
  • Jembatan Gantung Sasak Mare

  • Masih di wilayah Bekasi, Jembatan Gantung Sasak Mare pernah menjadi salah satu tempat yang viral dikalangan para goweser. Mas Rudi sendiri bersama anggota goweser MGT 007 sudah beberapa kali berkunjung ke tempat ini karena memang jarak tempuh dari Mustikajaya ke Sasak Mare relatif pas, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Selain itu tempatnya juga cukup asyik dan cocok untuk refreshing
    Selain melihat dan merasakan sensai melintasi jembatan warna warni yang menghubungkan dua desa, pemandangan area persawahan bisa menyegarkan pandangan terlebih apabila sudah masuk musim tanam atau pas menjelang musim panen. Tempat ini pernah dilanda banjir besar pada bulan oktober 2020 dimana pada saat itu kebetulan kami pas gobar ke Sasak Mare. Anda bisa lihat pada video dibawah ini bagaimana kondisi Sasak Mare pada saat banjir besar kala itu.
  • Warung Bondol Nawit

  • Lanjut lagi berikutnya ada Warung Bondol, salah satu tempat berkumpulnya para goweser dari Bekasi dan Bogor seperti dari Cikarang, Cileungsi, Jonggol dan sekitarnya. Di sini biasanya para goweser beristirahat sambil menikmati berbagai makanan dan minuman yang tersedia seperti susu jahe, teh manis atapun kopi. Untuk makanan, biasanya tersedia sayur asam dengan ikan goreng yang diambil langsung dari kali yang ada di samping lokasi.

    Sama dengan Sasak Mare, Mas Rudi dan anggota goweser MGT 007 juga telah beberapa kali gowes ke Warung Bondol. Berikut adalah salah satu dokumentasi video pada saat kami gowes ke Warung Bondol yang juga merupakan saat pertama kalinya kami gowes ke tempat tersebut pada tanggal 4 oktober 2020. Saat itu kami juga belum memakai seragam gowes seperti yang terlihat di video karena memang belum punya atau belum buat.
  • Little Ubud Cileungsi

  • Berikutnya ada Little Ubud Cileungsi yang lokasinya tidak jauh dari Warung Bondol. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat favorit atau tempat populer bagi para goweser dimana kita bisa beristirahat di area yang cukup luas dengan pepohonan yang rindang sambil menikmati segelas teh manis, susu jahe ataupun secangkir kopi panas. Untuk yang suka dengan suasana perkebunan, maka tempat ini bisa menjadi salah satu yang Anda kunjungi.

    Daya tarik lainnya dari Little Ubud Cileungsi adalah terdapat trek sepeda blusukan area perkebunan juga persawahan. Jadi, sambil menanti pesanan makanan dan minuman kita dihidangkan kita bisa berkeliling dulu di trek. Meski jaraknya tidak begitu panjang, namun cukup lumayan untuk dicoba dan mungkin saja kedepannya akan ada penambahan-penambahan trek maupun rintangan.

    Yang tak kalah menariknya adalah terdapat spot yang cukup asyik dan menyenangkan sebelum sampai ke Little Ubud. Kita akan disuguhi jalan menurun yang cukup berliku dengan pemandangan area persawahan yang indah seperti yang dapat dilihat pada video dibawah ini.
  • Pesona Wanajaya Cibitung

  • Selanjutnya kembali ada salah satu trek gowes blusukan yang cukup populer juga, yakni Pesona Wanajaya Cibitung. Salah satu bike park yang sampai saat tulisan ini dibuat masih terus melakukan pengembangan dan pengelolanya cukup aktif memberikan berbagai informasi terbaru seputar acara yang diselenggarakan di sana maupun seputar perkembangan trek. Selain trek gowes blusukan Pesona Wanajaya juga menawarkan tantangan lain yang salah satunya adalah pumping track.

    Tim Gowes MGT 007 sendiri kebetulan baru pertama kali mencoba serunya trek Pesona Wanajaya Cibitung tersebut sampai saat tulisan ini dibuat. Kami melakukan gobar ke sana pada tanggal 20 September 2020 dimana pada saat itu kebetulan komunitas goweser MGT 007 juga belum memiliki seragam seperti terlihat pada video dibawah ini.
  • MGC Solid Bike Park & Rumah Joglo Mutiara Gading City

  • Salah satu bike park yang termasuk masih baru yang berada di wilayah Bekasi bagian utara, yakni di kawasan perumahan Mutiara Gading City, Babelan. Anda bisa merasakan sensasi gowes blusukan diantara pepohonan sengon dengan jalur yang berliku dan cukup licin pada saat musim hujan. Selain bersepeda di dalam hutan sengon, yang tak kalah serunya adalah ketika kita sampai di salah satu titik yang merupakan jalan setapak atau single trek mengitari danau.

    Selain bike track, di lokasi yang sama juga terdapat salah satu destinasi lainnya yakni Rumah Joglo Mutiara Gading City. Sampai saat tulisan ini dibuat untuk masuk atau menjajal MGC Solid Bike Park masih gratis sedangkan untuk masuk ke rumah Joglo dikenakan tiket masuk seharga Rp10.000,- per orang. Untuk Anda yang belum pernah mencoba blusukan di MGC Solid Bike Park berikut kami lampirkan video dokumentasi tim goweser MGT 007 yang mungkin bisa memberikan gambaran seperti apa serunya trek MGC Solid Bike Park tersebut.
  • Metland Cileungsi Bike Track

  • Lanjut lagi ada salah satu trek sepeda XC yang sangat luas sekali areanya yakni Metland Cileungsi Bike Track. Sesuai dengan namanya trek sepeda ini berada di area Metland Transyogi, tidak jauh dari Metropolitan Mall Cileungsi dan apartemen Kaliana Metland Transyogi. Dengan area yang cukup luas, blusukan di trek sepeda Metland Cileungsi ini cukup menguras tenaga, terlebih lagi jika kondisi tanah sedang basah.

    Kebetulan anggota goweser MGT 007 pertama kali mencoba trek tersebut dalam kondisi tanah cukup basah karena sepertinya malamnya habis hujan. Blusukan menjadi kurang lancar karena selain harus lebih hati-hati seringkali ban menjadi "donat" sampai menghambat laju sepeda. Agak disayangkan juga karena dari yang kami lihat saat itu, trek metland Cileungsi sepertinya kurang terawat. Namun tentu bukan tidak mungkin kondisi tersebut sudah lebih baik lagi sekarang. Berikut dapat Anda simak video dokumentasi goweser MGT 007 pada saat menjajal trek sepeda Metland Cileungsi pada tanggal 20 Juni 2021.
  • Taman Limo Jatiwangi

  • Tempat gowes berikutnya ada Taman Limo Jatiwangi, yang masuk dalam wilayah kecamatan Cikarang Barat. Rute gowes ke lokasi ini relatif daftar dan aspal sehingga cocok untuk para pengguna sepeda lipat atau seli. Selain itu, tempat ini juga cocok bagi para goweser yang suka berburu makanan atau gowes kuliner. Karena memang di tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan sensasi makan diatas air di saung apung.

    Bagi yang suka gowes blusukan atau pecicilan di Bike Track mungkin tempat ini kurang begitu cocok, karena memang jalur menuju ke sana relatif datar dan didominasi dengan jalan beraspal. Taman Limo lebih direkomendasikan untuk yang ingin gowes bareng menikmati kuliner atau sambil mengadakan acara seperti misal rapat, arisan, dan lain sebagainya. Goweser MGT 007 pernah juga mengadakan gobar ke Taman Limo dan pernah Mas Rudi informasikan juga sebelumnya pada tulisan "Gowes ke Taman Limo Jatiwangi".
Mungkin itu dulu beberapa rekomendasi tempat gowes sepeda di Bekasi, Bogor dan sekitarnya yang dapat Mas Rudi bagikan, semoga bermanfaat untuk Anda semua yang sudah membacanya terutama bagi yang memang sedang mencari informasi seputar tempat gowes di Bekasi dan sekitarnya. Tentu masih banyak lagi tempat-tempat yang indah dan menarik yang cocok untuk tujuan gowes yang belum disebutkan diatas. Untuk itu, jika Anda memiliki informasi lain seputar trek sepeda atau tempat gowes yang bagus, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah tulisa ini agar nanti bisa Admin tambahkan di list.

Post a Comment for "Rekomendasi Tempat Gowes Sepeda di Bekasi, Bogor dan Sekitarnya"